Kamis, 05 Februari 2015

Ranula oh Ranula

Ranula ?
     duuh..... duluuuu sekali kata-kata itu gak pernah membuatku ngeper.  Bahkan begitu ringan nya aku menyebut kata itu ketika mbak Kasmini panik karena dokter mengatakan di mulut Tifa ada Ranula. Bahkan dengan yakinnya aku mati-matian menenangkan mbak Kas sekeluarga bahwa Ranula itu bisa sembuh..bla..bla...blaaa.
Bahkan dengan tenang aku bisa mencari segala info tentang Ranula di internet, konsultasi via bbm dg dokter Dondy yang kutemui di blog, dll demi meyakinkan mbak Kas bahwa "tidak perlu panik"..
     Tapi...ketika Ranula itu muncul di bawah lidahku ..masyaallah...takuuutku gak ketulungan. beginikah yang dirasakan mbak Kas dulu ?
takut, panik, ngeper, dll. yang terbayang di benak langsung kanker, operasi, kamar bedah, bius, oh my God...ketahuilah bahwa aku trauma dioperasi.  duuh...
     Awalnya sekitar 3 mingguan yang lalu. tiap kali maem selalu saja lidah kiri tergigit. Tadinya aku masih cuek aja karena kupikir kegigit biasa karena aku kurang hati-hati ketika mengunyah.
Dan itu terulang beberapa kali dalam seminggu.
Kadang  dari bawah gusi  keluar cairan asin. aaah paling2 gusi ku berdarah doang.
     Iseng kuambil tisue dan kutemel ke gusi ..tuh bener kan ada sedikit darahnya. pantesan asin.
Dan aku pun santai karena kupikir itu hal biasa.
     Hari Kamis 22 Januari 2015 (aku inget krn sempet kasih note di kalnder) habis maghrib lagi makan roti tawar eeeh tiba-tiba keluar lagi cairan asiiin dan lumayan banyak banget.
langsung aku ke wastafel dan kuludahin di situ karena pengen liat berdarah gak. Tapi ternyata cairan yang keluar bening dan berlendir gitu.
waduuh apa nih.  Aku pun mendadak takut .
     Langsung ke cermin, ambil senter dan buka mulut lebar2. hmmm koqgak nemu apa2 . gusi juga gak ada yang luka bekas tergigit...
ketika aku angkat lidah...subhanallah langsung shock ketika mendapati bulatan daging warna merah tua merona segede jempol.
plassh...yang terpikir saat itu hanya satu kata "kanker mulut".
Aku takut setengah mati. teringat teman adikku yang terkena kanker lidah, dalam waktu 6 bulan sejak terdeteksi...dan..lewat. innalillahi wa inna ilaihi rojiun.
     Jujur..aku takut setengah mati.
takut itu kanker...takut operasi..takut dibius dan tidak bangun lagi....intinya "aku takut mati" karena aku belum siap menghadapi pengadilan Nya di alam beikutnya.
astaghfirullah hal adzim...ya Allah..ampuni segala dosa hambaini ya ALLAH. aamiiin yra.
     Jumat 27 Januari 2015 akhirnya aku baru bisa pergi ke dokter umum di klinik Adelia (sesuai klinik yang tertera dalam BPJS ku) dan dokter cuman bilang "ibu, ini ada Ranula. saya tidak bisa kasih obat apa-apa, karena ibu harus ditangani dokter spesialis bedah mulut untuk dioperasi di RS"
rujukan saya di RS Fatmawati ya bu. yang lengkap dan besar..aduuuh...
( Gila kan...karena  aku senekad itu menunda2 pergi ke dokter ? kebetulan saat itu  rumah sedang renovasi...banyak tukang...tukang selesai kerja sudah jam 5 an..dan gak bisa ditiggal-tinggal..so terpaksa ketunda dan ketunda).
     RS Fatmawati ? terbayang lagi jauhnya dari rumah, terus nanti anakku sekolahnya sama siapa, dll.dll. kucoba hubungi RS RS yang ada di Depok yang deket2.
Jawabnya sama "untuk SPBM belum ada kerja sama BPJS bu".
nasin..nasib...
    semaleman bimbang ..bingung mau gimana nih. kalau ke RS yang ada ddi Depok..pasti aku harus keluar duit banyak banget. seperti biasa toh  dokter gigi ato dokter spesialis pasti mahal.
sempet merasa bahwa BPJS ku bakalan sia-sia nih.
Pagi hari kucoba pergi ke DRG di Puskesmas..Dokter hanya bilang,bahwa beliau hanya bisa kasih
1. antibiotic (amoxilin 500 mg (untuk 5 hari ke depan)
2. sam mefenamat 500 mg
3. dexamethason 0,5 mg.
kata bu dokter, kalo ternyata belom kempes juga maka harus rujuk ke drg SPBM.
     selama minum obat tsb..yang kurasakan adalah NGEBET yang amat sangat tidak enak di telinga,dagu, pipi. seperti orang lagi sakit gigi deh rasanya.
aku pun optimis sembuh. AamiinYa Robbal alamiiin. semoga ya Allah.
     Sabtu 30 Januari 2015, lagi-lagi aku merasa ada cairan asin keluar lagi. aaaah..lagi-lagi ranula ku pecah.
duuh makin ngeper aja nih.
     Minggu 1 Februari 2015. Ranula kembali membesar dan rasa ngebet masih setia menjalar di dagu, leher dan telinga. entah sampai kapan ...
     Senin 2 Februari 2015 aku kembali ke DRG di Pukesmas untuk kontrol. Dan sang dokter hanya bilang "ibu...saya tidak bisa kasih obat lagi. ibu harrus ke dokter SPBM untuk diambil ranulanya. ini saya kasih rujukan ke RS ya bu"
uuhuk..uhuk....specchless... segala rasa campur aduk jadi satu

Depok, 2 Febr 2015
    
    
    



    
    

  

6 komentar:

  1. Halo Rika..maaf baru buka ini lagi.
    Alhamdulillah sudah dioperasi di RS polri kramatjati...ranula sdh hilang cuman sampe skrg masih afa efek kurang nyaman di area rongga mulut. Kalo makan makanan yg terlalu ekstrim (contoh : terlalu kepedesan, terlalu berbumbu...) lidah terasa membengkak hingga hampir nutupin lobang kerongkongan. Jadinya susah menelan. Sudah konsul ke dokter selalu dijawab no problemo. Everything is alright. Yaah semoga memang semuanya baik2 saja dan sehat wal afiat. Aamiin Allahumma Aamiin.
    Trims Rika.
    Salam sehat untukmy ya

    BalasHapus
  2. Aamiin.. Begitu juga dgn ibu. Proses operasi berapa lama bu? Bius total ya berarti? Tiap mau ke dr. Spbm ranula meletus. Kemarin siang meletus tapi malamnya sampai debgan esok hari terasa ngilu. Susah untuk ngunyah+telan. Agak bimbang juga karena masih menyusui bayi 8 bulan

    BalasHapus
  3. Aamiin.. Begitu juga dgn ibu. Proses operasi berapa lama bu? Bius total ya berarti? Tiap mau ke dr. Spbm ranula meletus. Kemarin siang meletus tapi malamnya sampai debgan esok hari terasa ngilu. Susah untuk ngunyah+telan. Agak bimbang juga karena masih menyusui bayi 8 bulan

    BalasHapus